GAGAL? Kenapa heran?

20 04 2009

Hari ini sungguh berarti bagi saya, Senin (20/4).Pengalaman gagal justru semakin membuat kita makin tajam dalam membuat planing. Hal ini mulai saya rasakan, setelah ikut “nebeng” di stand salah seorang teman. Teman saya menelpon, katanya ada pameran dan dia ikut sebagai peserta. Katanya minta saya ikut mengisi stand dan ngak usah bayar.Akhirnya setelah dipikir pikir boleh juga, kami ingin jual makanan basah seperti lemper, pastel dan risoles.Toh modalnya juga ngak terlalu besar walaupun kami tidak ahli dalam bisnis ini. Tapi kami punya saudara yang bisa bikin berbagai makanan kecil yang rasanya lumayan enak.
Pertama hanya ingin mengisi dan meramaikan stand teman aja, sehingga kami tidak harus investasi untuk banyar tempat.Memang Alloh SWT Maha mendengar, karena niatnya hanya sebagai team penggembira, maka harus nya saya tidak boleh kecewa karena hanya sebagai team “sorak” aja.
Tapi hati kecil ini tetap saja merasa kecewa, karena sudah meluangkan waktu dan tentu saja mengeluarkan uang untuk modal beli makanan.Jualan kami banyak terbuang mubazir karena disimpan pada tempat yang “salah”.
Analisanya adalah, pertama branding standnya adalah es krim maka jauh sekali dengan produk yang kami titipkan. Memang bisnis teman kami ini memang es krim.Kedua tentu saja setiap yang datang tidak tahu bahwa di stand tersebut tersedia juga lemper yang sangat enak karena tidak ada informasi yang ditempel di stand. Ketiga, harga sewa stand murah apalagi gratis pasti membuat kita merasa tidak merasa punya resiko akhirnya “zero planning”. Keempat,melihat gunung dari kejauhan sungguh indah tak terkira, tapi kita sering lupa ketika mendaki gunung tidak akan kita lihat keindahannya tapi harus menikmati perjalanan yang terjal sebagai sebuah tantangan dan keindahan.Kelima, sukses bukan lah ketika kita berjalan diatas “red karpet” dengan balutan cahaya kamera dan sorotan media massa tapi sebuah “action” yang berhasil menaklukkan berbagai rintangan yang mencoba membelokkan arah tujuan kita.
Kejadian ini tidak sedikit pun mengecil kan atau mem buat kami menyalahkan teman yang sudah punya niat baik kepada kami. Ini adalah sebuah pelajaran berharga ikut pameran melalaui tangan teman yang kami yang bahkan sudah kami anggap sebagai guru kami.
Semoga Alloh SWT memberikan kami kelimpahan ilmu dan bermanfaat bagi semua orang…Amien

M Nur Riko Putra


Aksi

Information

Tinggalkan komentar